Selasa, 31 Mei 2011

Puluhan Tahun Krause "Berkarib" dengan Diabetes

Los Angeles: Bob Krause menderita penyakit diabetes selama 85 tahun. Menurut Pusat Riset Diabetes di Sand Diego, Amerika Serikat, pria berusia 90 tahun itu menjadi orang pertama terlama yang berjuang melawan diabetes. Demikian yang dilaporkan Associated Press, baru-baru ini.

Sekitar 18,8 juta orang AS telah didiagnosis menderita diabetes. Bahkan, diperkirakan tujuh juta lebih orang telah hidup dengan penyakit itu tanpa disadarinya.

Sementara, Krause memilik bentuk diabetes tipe satu, yang dikenal lebih umum sebagai diabetes anak-anak. Dan, bentuk yang lebih umum dari diabetes sering dikaitkan dengan obesitas tipe dua, yang dianggap sudah kondisi parah.

"Bob telah hidup lama saat dilahirkan normal pada 1921," kata dokter pribadinya, Patricia Wu, yang sekaligus menyebut Krause sebagai orang yang memiliki karakter kuat. "Dia tahu bahwa dia harus melewati cobaannya dan dia melihat semua ini sebagai bagian dari hidupnya. Dia juga tidak akan membiarkan hal ini membawanya sedih."

Sifat keras kepala Krause membuat dirinya menolak untuk menyerah dalam bertahan hidup melawan diabetes. Sifatnya itu juga membuat Krause semakin mengerti tubuhnya dan menjadi ahli dalam mengontrol penyakitnya tersebut.

Krause berhasil karena ia memperlakukan tubuhnya seperti mobil. Ia pun hanya makan makanan yang cukup layaknya bahan bakar mesin.

"Untuk menjaga diabetes di bawah kontrol, Anda harus mengonsumsi makanan seperlunya sebelum beraktivitas," kata Krause. "Aku makan untuk tetap hidup, bukan makan sepanjang waktu demi untuk kesenangan."

Ia juga mengatakan dirinya tidak seaktif dulu. Alhasil, saat ini ia tidak membutuhkan banyak bahan bakar atau variasi dalam makanan. Untuk sarapan setiap harinya, ia hanya makan semangkuk kacang dan lima buah kurma. Krause biasanya tidak makan siang. Dia lebih memilih memakan salad dengan beberapa potong daging untuk makan malam.

Krause beruntung didiagnosis dengan diabetes tidak lama setelah produksi komersial insulin yang kemudian tersedia secara luas. Saat itu pada 1926, ia berumur lima tahun dan tinggal di Detroit, AS. Ayahnya bekerja di perusahaan U.S. Rubber Co.

Saudara laki-laki Krause, Jackie, tidak seberuntung dirinya. Ia meninggal akibat penyakit diabetes setelah didiagnosis setahun sebelumnya karena insulin belum tersedia. Sebelum penemuan insulin, diagnosis diabetes akan berujung kematian dan dengan kelangsungan hidup yang diprediksikan hanya beberapa tahun ke depan.(JAY/ANS)

0 komentar:

Posting Komentar