Minggu, 15 Januari 2012

Pertemuan Lembaga Sertifikasi Halal Dunia

Wakil Presiden Boediono dijadwalkan akan meresmikan Pertemuan Tahunan World Halal Food Council (WHFC) 2012, Senin (16/1/2012) di Kantor Wapres, Jakarta.

Berdasarkan agenda, Wapres Boediono akan meresmikan pertemian tahunan WHFC 2012 ini pada pukul 12.30 WIB.

Rencananya Wakil Presiden RI, Boediono membuka secarang langsung perhelatan yang akan dihadiri oleh sekitar 25 lembaga sertifikasi halal berbagai negara. Selain itu direncanakan hadir juga Duta Besar negara sahabat. Termasuk atase perdagangan luar negeri dan para peninjau dari luar negeri.

Sebagaimana diketahui, Ibukota Jakarta terpilih sebagai lokasi Kantor Pusat Dewan Pangan Halal Dunia atau World Halal Food Council (WHFC). Peresmian Jakarta sebagai lokasi Kantor WHFC akan digelar bertepatan pada pembukaan pertemuan tahunan WHFC 16 Januari 2012.

”Kantor WHFC berada di lokasi yang juga menjadi Kantor MUI yaitu di Jl Proklamasi, Jakarta Pusat,” ujar Direktur Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), Lukmanul Hakim, dalam siaran pers, Kamis (5/1/2012) lalu.

Lukmanul yang juga menjabat President WHFC, menjelaskan, dukungan kepada Indonesia untuk menjadi pusat halal dunia datang dari berbagai negara. Utamanya lembaga sertifikasi halal seperti yang berada di Amerika Serikat,
Perancis, Belgia, Italia, Spanyol, Brazil, Australia, Taiwan dan Singapura.

”Dukungan terus mengalir.Terlebih setelah Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian RI, Hatta Rajasa menandatangani deklarasi yang menetapkan Jakarta sebagai kantor pusat dewan pangan halal dunia tahun lalu,” katanya.

Disisi lain tambah Lukman, pertemuan tahunan WHFC yang akan digelar di Jakarta juga menjadi momentum Indonesia untuk semakin mempertegas identitas sebagai negara dengan konsumen terbesar produk halal dari berbagai negara. "Indonesia harus menjadi pemimpin dalam percaturan halal dunia,” katanya.

WHFC berdiri tahun 1999 lalu di Indonesia. Seiring berjalanya waktu, WHFC berubah nama menjadi World Halal Council (WHC). Selanjutnya pada 23 Juni 2011, anggota WHFC sepakat mereaktifasi WHFC dengan memilih Lukmanul Hakim sebagai Presiden dan menetapkan Jakarta sebagai kantor pusat.

”Agenda tahunan WHFC rencananya membahas program kerja, standar halal, pelaksanaan sosialisasi dan edukasi kehalalan pangan, obat serta kosmetika di seluruh dunia,

0 komentar:

Posting Komentar