Jumat, 10 Juni 2011

Beriklan di internet

Seperti yang kita ketahui bahwa media internet itu sangat pupuler dan sangat meluas luarbiasa pada saat ini. Daanak-anak hingga dewasa ataupun orang tua sekalipun dapat menikmati yang namanya media internet atau sering disebut media globalisasi. Media globalisasi ini sendiri adalah peringkasan dunia dan intensifikasi atas kesadaran dunia sebagai sebuah kesatuan (Robertston dalam Devereux, 2003:29). seperti internet ini bahkan sekarang sudah menjadi kebutuhan oleh banyak kalangan. 

Untuk kepentingan browsing dengan tujuan menambah wawasan, untuk belajar dan tidak jarang ada juga yang menghilangkan rasa jenuhnya dengan membuka network friendster, face book, situs-situs yang sifatnya menghibur. Secara tidak kita sadari bahwa apa yang kita buka pasti ada sepenggal ataupun dua penggal advertising atau iklan yang masuk atau nampang di layar network tersebut secara bergantian. Iklan didalam internet ini kemasan informasi nya malah lebih menarik. Apalagi internet itu sangat di gemari oleh banyak kalangan jadi sangat mungkin iklan itu akan selalu terbuka dan sangat efektif. Dan rasanya ini akan menjadi jalan yang bagus untuk periklanan dan publik marketing suatu perusahaan. Sehingga tidak heran banyak sekali sekarang ini perusahaan-perusahaan ataupun instansi-instansi yang memanfaatkan media internet sebagai alternatif yang sangat efektif untuk beriklan.

Pada dasarnya pemilihan media internet sebagai periklanan sekaligus sebagai marketing itu hampir sama prosesnya dengan pemilihan media lain seperti televisi, media massa “koran dan majalah”, out dor “billboard, spanduk” dan radio. Harus melawati beberapa filteragar nantinya bisa memperoleh hasil yang efektif , efisien dan maksimal sesuai dengan objektifnya. Maka suatu perusahaan apabila mau beriklan di internet itu harus dapat memilih network yang sesuai ataupun yang cocok dengan target marketnya. Jadi perlu peninjauan kembali ke brand itu sendiri sperti apa sih terget marketnya, dari segi usia, jenis kelamin, strata sosial, tingkat pendidikan hingga sampai orang yang mempengaruhi target market utama. Dan setelah mengetahui target market yang di cari itu cukupa atau bahkan lebih potensial di media internet, lalu langkah selanjutnya adalah menentukan networkyang sesuai. Maka kita harus ingat internet itu bisa menjadi media yang sangat tersegmentasi atau terbagi-bagi, sama seperti majalah, nah majalah itu sendiri terbagai-bagi ada majalah bisnis, majalah bola, majalah anak muda, majalah wanita, majalah kesehatan.

Maka sebab itu kita harus tau target marketnya secara objectives, objectives itu sendiri adalah instrumen untuk mengevaluasi program komunikasi pemasaran dan memilih strategi yang tepat (Russell Colley dalam Michael L, 1961). Kalau memang target marketnya misal anak mauda di indonesia, dari wanita maupun pria. Mungkin kita bisa menggunakan network yang cocok untuk beriklan adalah “Friendster.Com” yang saat ini menjadi website nomer satu di Indonesia, yang hingga saat ini page viewnya tinggi sekali dan hampir setiap anak muda di indonesia mempunyai account di situs ini. Nah ini menjadi pilihan yang sesuai bagi brand perusahaan yang mempunyai target market anak muda pada khususnya. Itu sebabnya kita atuapun pihak perusahaan harus mengerti target pasar terlebih dahulu, kemudian memilih dan mempelajari network yang ada. Dan mintalah data selengkap mungkin. Setelah anda mengetahui network apa yang sesuai, langkah berikutnya adalah, menentukan strategi untuk online campaign yang diinginkan. Nah disinilah perbedaan antara tradisional media seperti “tv, radio, majalah” dengan non tradisional media seperti “internet” ini.

Banyak sekali jenis iklan di internet dan bahkan beragam bentuk yang diinginkan oleh pengiklan dapat di akomodasi secara teknis, maka iklan tersebut dapat diwujudkan. Di kompas cyber Media, ada beberapa jenis iklan yaitu: iklan banner, iklan layer, iklan baris. Sedangkan iklan yang terbaru saat ini adalah iklan advertoriaol, dimana perusahaan dapat menayangkan berita-berita mengenai perusahaannya didalam rubrik-rubrik Kompas Cyber Media yang dipilih. Selain itu perusahaan juga dapat membuka rubrik konsultasi di Kompas Cyber Media. Dikompas Cyber Media, pengiklan dapat mengambil manfaat dari banyaknya tingkat kunjungan yang rata-rata perhari mencapai 1,5 juta. Bahkan diwaktu peak season, tingkat kunjungan bisa mencapai 2 juta perhari, pengunjungnya juga berkualitas, dan yang paling penting, semua iklan akan mendapat data statistik mingguan nah dengan data st atistik tersebut, pengiklan atau perusahaan yang beriklan mendapatkan data berapa banyak iklan yang mereka yang dilihat dan di akses oleh users atau para pengguna internet. Sehinnga dengan data tersebut suatu perusahaan tersebut mendapat suatu bahan analisa untuk strategi periklanan dan komunikasi. “www.google.com, search Kompas Cyber Media”

Kelebihan dan keuntungan beriklan secara online di internet itu salah satunya adalah beriklan di internet memungkinkan kita atau perusahaan menjangkau target market yang sangat luas dan tak terbatas. Dibandingkan pemasaran secara offline atau media tradisional hanya memungkinkan pemasaran pada lingkup yang terbatas dan menjangkau pasar lokal dan nasional saja. Efektifitas beriklan dan pemasaran secara online di internet ini telah teruji keefektifan nya. Karena dengan beriklan online ini perusahaan dapat langsung memilih target market atau target pasar yang tepat. Baik itu di negara tertentu, maupun kepada konsumen atau orang yang memiliki niat tertentu untuk menjadi sasaran pasar. Kemudia dari pihak perusahaan pun tidak perlu mengeluarkan banyak waktu dan biaya untuk pasar yang bukan merupakan sasaran perusahaan. Dengan briklan secara online di media internet, modal dan resikonya lebih kecil dibandinkan dengan modal dan resiko beriklan dengan media tradisional, baik lewat koran ataupun majalah. Jika menggunakan media online atau internet maka akan banyak teknoloi pemasaran yang dapat di terapkan untuk menekan biaya iklan. “www.google.com Promo.web.id”

Jadi sudah taukan keuntungan nya beriklan di internet. Dengan beriklan di internet ini suatu perusahaan dapat meminimalisir biaya untuk periklanan. Karena biaya untuk beriklan di internet ini lebih murah di bandingkan dengan biaya beriklan di majalah maupun koran. Dan dengan semakin banyaknya biro atau jasa iklan online di internet yang semakin lama akan semakn banyak, maka pemasang iklan atau perusahaan malah justru mempunyai banyak alternatif untuk membuat keputusan dan memilih network yang pas dengan target pasarnya dan sesuai dengan biaya yang diinginkan si pemasang iklan ataupun pihak perusahaan. Seperti yang dikemukakan oleh beberapa kalangan di luarnegeri, iklan di internet itu lebih efektif bila di bandingkan iklan menggunakan media tradisional. Hanya saja, untuk di Indonesia ini memang harus lebih di komunikasikan, karena masih banyak peruasahaan yang belum memahami pentingnya internet sebagai sasaran alternatf untuk beriklan dan sebagai strategi komunikasi perusahaan. Meskipun demikian kita harus tetap optimis. “www.google.com, search Kompas Cyber Media”.

0 komentar:

Posting Komentar