Jumat, 30 September 2011

Gula Darah Tinggi Memicu Penyakit Jantung

Bagi kebanyakan penderita diabetes, meningkatnya gula darah sesudah makan sering dianggap suatu yang lumrah, sekalipun angkanya menembus batas normal yakni 140 mg/dL. Namun, pada tahun 2007 International Diabetes Federation (IDF) mengeluarkan satu rekomendasi bagi penyandang diabetes yang menekankan petingnya menjaga gula darah sesudah makan. Karena tingginya gula darah sesudah makan, dilaporkan berkaitan erat dengan komplikasi penyakit jantung koroner. Penyakit jantung diketahui merupakan penyebab kematian terbesar bagi para penderita diabetes.

Pada orang normal, kondisi gula darah telah diatur sedemikian rupa oleh tubuh, sehingga jika gula darah meningkat sesudah makan, maka akan dilepas hormom insulin untuk menurunkannya. Gula darah naik sesudah makan pada orang normal tidak akan melebihi 140 mg/dL, dan akan turun dalam 2 jam sesudanhnya karena dimetabolisme oleh tubuh.

Namun pada penderita diabetes, kontrol tubuh terhadap kenaikan gula darah sangat buruk. Setelah makan gula darah yang naik akan tetap bertahan tinggi dalam jangka waktu yang agak lama, hal ini dikarenakan tubuh tidak cukup memiliki hormon insulin yang bertugas menurunkan gula darah atau mungkin tidak ada insulin sama sekali yang diproduksi oleh organ pankreas

Mengendalikan gula darah sesudah makan

Gaya hidup
Aktivitas fisik mengatur pola makan dan menjaga berat badan merupakan elemen penting dalam manajemen diabetes yang efektif. Aktivitas fisik berguna dalam memperbaiki kerja insulin dan menurunkan gula darah, terutama sesudah makan. Memakan makanan yang sehat, diet rendah lemak dan tinggi serat akan membantu menurunkan tingkat gula darah sesudah makan dan memperbaiki nilai kolesterol dan tekanan darah. Menurunkan berat badan juga membantu pasien untuk meningkatkan sensitivitas sel tubuh terhadap kerja insulin.

Obat-obatan
Terhadap banyak macam obat yang secra spesifik berkerja menurunkan gula darah sesudah makan, antara lain golongan penghambat alfa glucosidase, golongan glinid, insulin kerja cepat, insulin reguler, exenatide, penghambat DPP-4 dan analog amylin. Namun demikian, tetap fokus utama dokter adalah mengarahkan pasien aga menjaga gaya hidup sehat

Pentingnya pengendalian gula darah

IDF merekomendasikan target HbA1Cnl adalah tidak boleh melebihi 6,5%. Sedangkan target nilai gula darah sesudah makan adalah tidak boleh melewati 140 mg/dL.
Published with Blogger-droid v1.7.2

0 komentar:

Posting Komentar