Minggu, 09 Oktober 2011

Lawan Bau Mulut Tak Sedap

Secantik dan setampan apapun, orang akan kehilangan daya tarik jika memiliki aroma napas tak sedap. Sebenarnya ada cara mudah untuk mengetes aroma mulut. Tekan jari yang bersih ke dalam mulut lalu usap air liur dibelakang lidah. Diamkan beberapa saat lalu cium jari anda. Apakah itu bau yang ingin anda cium?

Ada 6 penyebab bau mulut lain yang wajib diketahui.
1. Bakteri
Mulut merupakan salah satu tempat yang disukai bakteri. Mikroorganisme ini bersembunyi diantara gigi dan permukaan lidah. Saat bakteri-bakteri itu berkembang biak dan menumpuk meraka akan mengeluarkan racun dan bau yang kurang sedap.

2. Tonsil
Lubang dibagian dalam tonsil (amandel) disebut crypts, merupakan salah satu biang keladi halitosis. Pada bulatan-bulatan jaringan limfe di tonsil yang membengkak sering terselip sisa makanan dan kuman sehingga menimbulkan bau tidak enak.

3. Makanan beraroma tajam dan kebiasaan buruk
Makanan seperti bawang putih, durian, atau ikan, juga menyebabkan bau mulut, meskipun kita sering menyikat gigi. Begitu juga dengan kebiasaan buruk seperti merokok, yang bisa menyebabkan napas beraroma tidak sedap.

4. Gangguan perut
Kadang kala gangguan di perut atau usus bisa menyebabkan bau mulut, terutama saat bersendawa. Diet rendah karbohidrat juga menyebabkan ketosis, pembakar lemak di tubuh menyebabkan bau naga.

5. Penyakit
Bau mulut juga bisa jadi pertanda adanya penyakit seperti infeksi saluran napas, infeksi sinus kronis, diabetes, gangguan ginjal, lever, dan asam refluks kronis.

6. Mulut kering
Kurang minum air dan mulut yang kering juga merupakan kontributor penyebab masalah bau mulut. Karena itulah, ketika bangun tidur di pagi hari bau mulut kita tidak sedap. Bau ini biasanya hilang setelah kita sikat gigi dan minum air.

Ada beberapa cara mudah untuk mengatasi bau mulut tak sedap, antara lain dengan makan beberapa jenis makanan tertentu seperti :

1. Makan Yoghurt
Sebuah penelitian membuktikan bahwa satu porsi yoghurt setiap hari dapat mengurangi bau mulut tak sedap. Karena bakteri baik dalam yoghurt mengurangi penyakit gusi dan plak dalam mulut yang menjadi penyebab bau mulut tak sedap. Pilih yoghurt berkualitas baik, dan usahakan yang tawar tanpa perasa dan pemanis agar mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Makanan Berserat
Makanan renyah dan berserat seperti sayuran dan buah-buahan adalah makanan yang baik agar mulut tetap aktif. Contohnya seledri dan mentimun, yang dapat meningkatkan produksi air liur yang ampuh menyapu bakteri penyebab bau mulut tak sedap. Apel yang renyah sebagai pencuci mulut bisa membersihkan sisa-sisa makanan ini. Efek penawar aroma mulut tak sedap juga dimiliki daun peterseli, daun mint, rosemary dan daun ketumbar. Saat anda bersantap jangan ragu mengunyah daun yang sering dijadikan hiasan makanan itu.

3. Permen
Kini sudah banyak dijual permen yang sekaligus bisa menghilangkan bau mulut tak sedap. Permen mint dan permen karet adalah salah satunya. Dengan mengunyah permen karet produksi air liur bisa meningkat hingga sepuluh kali lipat. Namun, sebaiknya pilih permen karet bebas gula atau yang mengandung pemanis alami seperti xylitol dan sorbitol agar tidak membuat gigi jadi rusak.

4. Vitamin C
Makanan yang mengandung vitamin c, seperi jeruk, strawberry, dan semua buah yang memiliki rasa yang asam akan membuat pertumbuhan tidak nyaman buat bakteri. Selain itu, vitamin c juga mencegah terjadinya penyakit gusi dan radang gusi penyebab utama bau mulut tak sedap atau halitosis.

5. Air putih
Bau mulut tak sedap dapat terjai ketika bakteri di lidah memecah protein makanan, terutama gula dan produk susu yang dapat melepas senyawa belerang. Dan perlu diketahui, musuh bakteri dalam mulut adalah oksigen yang ditemukan dalam air liur. Beberapa obat, seperti antidepresan, obat tekanan darah, dan antihistamin, dapat menyebabkan mulut kering. Asupan air harus ditingkatkan jika obat-obatan diatas dikonsumsi. Delapan gelas sehari, adalah konsumsi air putih ideal yang sangat dianjurkan.

6. Teh hijau
Kandungan polifenol dalam teh hijau menurunkan senyawa sulfur dalam mulut. Pastikan meminumnya tanpa gula atau susu. Menambahkan gula atau susu akan meningkatkan bakteri. Selain itu teh hijau dapat membantu mencegah penyakit gusi. Sementara kandungan mint dalam juga memiliki manfaat menetralkan aroma tak sedap usai mengonsumsi bawang putih.

7. Tea-tree oil
Tetesan minyak teh ke sikat gigi untuk menyikat bagian belakang lidah dan gusi. Setelahnya kumur dengan air. Cara ini ampuh membunuh beberapa bakteri, penyebab nafas tak sedap, yang tersembunyi dirongga mulut. Namun, cara ini tidak dianjurkan untuk wanita hamil dan menyusui.
Published with Blogger-droid v1.7.2

0 komentar:

Posting Komentar